TEKNOLOGI JEPANG

   Negara Jepang dikenal sebagai salah satu negara yang memproduksi beberapa teknologi yang canggih dan beberapa penemuan tersebut telah memperoleh dedikasi tinggi bagi pecinta teknologi.

Beberapa teknologi yang diciptakan oleh Jepang dikategorikan dalam kelas teknologi yang sangat canggih dan beberapa di antaranya, terdapat 5 Teknologi Terbaik di Jepang yang resmi diluncurkan dan dipublikasikan.

1. Teknologi Luar Angkasa
Badan antariksa Jepang, JAXA, sekarang bekerja keras untuk membangun pesawat dan stasiun luar angkasa yang canggih. Amerika Serikat boleh jadi negara pertama yang mengirimkan astronot ke Bulan. Kini giliran Jepang ingin mengukir sejarah, negara matahari terbit itu akan mengirim robot humanoid pertama ke Bulan pada 2015.
2. Teknologi Medis

Makoto Nokata, seorang asisten profesor dari universitas Ritsumeikan di Kusatsu, prefektur Shiga mengatakan bahwa dia dan timnya sedang mengembangkan robot berukuran jari manusia yang bisa bergerak bebas dalam tubuh untuk melakukan pemeriksaan dan pembedahan.


“Dengan adanya teknologi ini, maka si pasien tidak perlu dibedah dari luar dan proses penyembuhannya akan jauh lebih cepat,” kata Makoto. Menurut perkiraan Robotics Society of Japan, robot akan mengoperasi manusia secara otomatis di antara tahun 2025 dan 2050.
 

3. Teknologi Otomotif
Jepang memang merupakan negara yang mempunyai teknologi hybrid paling unggul dan konsep kendaraan masa depan yang paling canggih. sebut saja teknologi hybrid yang dimiliki pabrik otomotif terbesar dunia, Honda. bahkan Jepang berhasil menciptakan mobil ramah lingkungan yang tidak menggunakan BBM.  

4.  Teknologi Konsumsi
Jepang adalah negara pertama di dunia yang memproduksi teknologi yang mampu mengubah air laut menjadi air minum. Dan Jepang adalah negara pertama di dunia yang memproduksi teknologi yang mampu mengubah beras menjadi roti. kualitas makanan di jepang memang benar2 dijamin kesehatannya, dengan menggunakan unsur teknologi tentunya.

5. Teknologi Robot
Jepang juga memang yang paling terdepan saat ini. sebut saja nama robot keren seperti Asimo, Q-Rio, Maido-Kun hingga HRP-4C yang mampu berlenggak-lenggok di catwalk layaknya seorang model kelas dunia. Jepang memang terkenal dengan dunia robotnya, dan inilah yang menjadikan jepang sebagai negara nomor wahid dalam urusan teknologi robotik. 

6. 360 Degree Video Helmet

Teknologi tinggi ini helm video ini tidak dimaksudkan untuk melindungi Anda ketika Anda mengendarai sepeda super. Ini adalah 360-video helm yang akan memberikan pemakainya 360 derajat panorama ketika menonton TV atau bermain game. Saya pikir itu akan memberi Anda jauh lebih merasa dalam memainkan beberapa game balap.

7. Water Actived Batteries

Hi-tech ini sumber daya telah dikembangkan oleh Susumu Suzuki. Baterai ini diaktifkan oleh air dan memberikan jumlah yang sama saat ini Anda peroleh dari baterai dioksida mangan standar. Fitur terbaik dari baterai akan menjadi bahwa hal itu akan murah dan juga dapat didaur ulang berkali-kali.  

8. Toshiba Re-writable Printer

Toshiba telah mengembangkan sebuah printer yang dijuluki Toshiba B-SX8R yang memiliki kemampuan untuk menggunakan kertas yang sama lagi dan lagi sampai 500 kali. Topi untuk Anda Toshiba! Aku tidak tahu bahwa Toshiba begitu sadar tentang lingkungan dan daur ulang limbah kertas. Apa pun yang Anda menyebutnya, ramah lingkungan memindahkan atau strategi bisnis. Aku hanya menghargainya.

Biarkan saya memberitahu Anda bahwa kertas glossy khusus yang digunakan dalam proses ini datang pada harga kekar. Pokoknya, B-SX8R adalah dapat ditulis ulang printer yang menggunakan teknologi termal. Setelah kertas telah digunakan untuk mencetak, dapat kembali diletakkan di gerbong untuk menghapus tinta. Selain itu, printer dapat mencetak 12 halaman per menit. Jangan bicara tentang masa depan mereka printer yang akan memuntahkan ribuan halaman per menit.
  

9. Remote Controlled Humans

Beberapa peneliti Jepang telah mengembangkan perangkat kecil yang dapat dilampirkan di bagian belakang telinga dekat sistem vestibular. Ini memberikan sentakan kecil listrik di sistem vestibular membuat orang bergerak dalam arah yang ditetapkan.

Sistem ini belum belum sepenuhnya berkembang dan jika Anda sedang berusaha untuk mengendalikan teman Anda dengan perangkat semacam itu dan memberinya kejutan kecil di salah satu sisi telinga maka teman Anda mungkin akan bergerak seperti orang mabuk.

10. Wall Climbing Spiderman Robot 
Para peneliti Jepang ini telah mengembangkan salah satu jenis Spiderman Robot yang dapat memanjat dinding. Robot ini memiliki empat kaki dan masing-masing dari mereka memiliki cangkir isap sehingga robot dapat naik dan tetap di dinding.


Robot tersebut akan menemukan beberapa militer yang digunakan untuk surveilans dan bahkan memerangi. Berharap mereka dapat membawa beberapa muatan di atas tembok.

11. EV-X7 Hybrid Bike
Sepeda hybrid ini telah dirancang oleh Axel Corporation dan perusahaan mengklaim bahwa ini adalah yang pertama sepeda motor listrik dengan hibrida plug-in. Perusahaan juga berkomentar bahwa sepeda adalah tujuh kali lebih hemat biaya daripada sepeda berjalan di bensin.

Ini sangat inovatif sepeda dapat mencapai kecepatan hingga 150Kmph dan dapat melakukan perjalanan 180 kilometer di satu charge baterai. Selain itu baterai hanya butuh enam jam untuk mengisi daya baterai dan dapat dengan mudah dikenakan di rumah.

12. Instant Aging Wine

Ungkapan yang biasanya dikaitkan dengan anggur adalah bahwa “Older Better!”, Tetapi Anda tidak selalu beruntung mendapatkan botol yang benar-benar tua.

Tapi Hiroshi Tanaka Penemu Jepang mengklaim telah mengembangkan sebuah mesin yang dapat membuat umur anggur langsung tua. 70-mesin pon mengirimkan muatan listrik melalui anggur yang memecah molekul-molekul air dan memungkinkan mereka untuk memadukan lebih lengkap dengan air.  

13. Kamera Chobi

Kamera Chobi ini memiliki dimensi 4.4 x 2.9 x 1.2 cm, yang mampu menghasilkan gambar yang tajam. Selain itu, kamera ini dapat menangkap gambar dengan resolusi 2048 x 1536 dan video pada 1280 x 960 pix 30 fps AVI movies, serta dilengkapi dengan voice recorder, serta support microSD/microSDHC hingga 8GB.

Kamera Ini juga dilengkapi dengan kabel data sehingga bisa dihubungkan ke Laptop ataupun PC.

14. Robot Pencuci Rambut

Robot ini diciptakan oleh ilmuwan di perusahaan Panasonic. Mereka ingin meniru tangan seorang penata rambut manusia. Produk ini diharapkan dapat membantu manusia sebagai awal meluasnya ‘generasi perak’ di negara itu.

Kedua lengan robot ini, pertama memindai kepala pengguna dalam wujud tiga dimensi sebagai cara mengatur pergerakan, pengukur dan mencatat bentuk.Tindakan ini juga untuk menentukan porsi tekanan pada kepala dalam posisi yang benar.

“Robot ini dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan para pekerja di rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya,” kata juru bicara Panasonic. Robot ini diperkenalkan pada Pameran Rehabilitasi dan Perawatan Rumah Internasional ke 37 di Tokyo.

15. Evolta

Evolta merupakan robot yang menjadi maskot perusahaan elektronik asal Jepang, Panasonic, pernah menerima penghargaan Guinness World Records. Robot ini akan memukau publik dengan menjelajah jalanan Jepang dengan melakukan long march sejauh 300 mil atau tepatnya sekitar 482 kilometer dari Tokyo ke Kyoto.

Seperti yang dilansir oleh Panasonic, dalam video-nya, Evolta hadir berbentuk robot humanoid mungil yang menarik gerobak roda dua ala zaman pertengahan daihachiguruma, Jepang.

Robot dengan tinggi hanya sekitar 17 cm dan berat 997 gram ini akan berjalan dalam sebuah plastik silinder yang berputar, mirip seperti hamster dengan rodanya. Bedanya, Evolta berjalan sambil menarik gerobak yang sesungguhnya adalah baterai Evolta 12 AA untuk sumber energinya.

Dengan kecepatan mencapai dua hingga tiga meter per jam, robot yang dikendalikan dengan remote control ini diperkirakan akan tiba di Kyoto pada 10 Desember 2010, setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 49 hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s